Pacelathon Basa Jawa "Kancil kang Cerdik"



Pacelathon Basa Jawa

Kelompok : Earlyanne Andrea Sarosa   
         
         Galuh Dyah Pitaloka Hayyu
                   Raissa Antyanta Putri
                   Tasya Angelina Mangare
                    

Macan seng Bodo  

Esuk iku kancil mlaku ing pinggir alas,dumadakan ono macan luwe teko nang ngarepe.
Macan:cil aku 3 dino gak mangan daging (jaare macan karo iler netes)
Kancil : kate mangan aku a sopo wedi oleh ae
Macan:temenan a cil awakmu gelem tak pangan
Kancil  :iyo aku gak opo-opo, aku lek kewan cilik a kate gak gelem yo gak iso 
 
Macan:kenopo cil?
Kancil:sadurunge mati aku njaluk siji penjalukan
Macan:opo iku
Kancil:aku tak golek mangan dilu ae yo,aku tak mangan godhong utawa opo ngono lo sukur-sukur ono mentimun
Macan: yo wes cil
Kancil: suwun yo can, saiki meremo age
Macan : la lapo kok atek merem barang?
Kancil : iyo can, koyo dulinan jumprit singit, wong yo aku ra iso mlayu adoh tekan awakmu
Macan : yo wes cil, tak merem cil
       Kancil mlayu sak kuat tenogone
Macan : wes a cil?
Kancil : gurung
Macan : wes ta ciiiillll...
Kancil : guuuurrrrruuuuunnngggg....
Macan : wes ta ciiiillllllllll......?
       Ora ono jawaban teko kancil. Macan iku moro melek.
Macan : wahhh, neng endi kancil iku?? Moro-moro deweke ngapusi aku??
       Macan nggoleki Kancil nang endi-endi, tapi ora ketemu
Macan : bodo ne aku, aku kok gelem nuruti karepe Kancil, awas ae lek ketemu cil!!!!!!!!
       Pas iku kancil sek mlayu nggolek panggon singitan
Kancil  :mugo-mugo macan loro weteng,loro untu,kecocok weri dadi gak iso nguber aku
       Kancil mlaku tolah-toleh  nang mburi terus ora ndelok ngarepe
Kancil :waduh aku meh nabrak ulo seng turu iki
       Kancil turu gak adoh tekan ulo iku 
Kancil :’’suwe-suwe macan iku mesti iso nemukno aku yokopo yoo cek iso ucul
       Macan nggoleki kancil sampe wes awan.
Macan : grrrrrrr.....ihhh kancil mbetik , singitan nang endi ae mesti tak temukno aku lo iso ngambu kringetmu
       Suwi-suwi.
Macan:nahh iki opo,kancil iki
Kancil  :sssstttt,,... ojo ngomong banter-banter can
Macan :kate opo maneh,kate ngetoki aku maneh a?
Kancil  :oraaaa iii loo sabar diluk poo
Macan:akuu ikuu lohh keluwen banget cil, wess iklash o tak emplok
Kancil :sabar aku lungguh ndek kini iku oleh tugas tekan raja
Macan :ojo gero opo e tugasmu
Kancil  :ayo melok aku
       Macan dijak nyedeki ulo seng turu, lek didelok ulo iku koyo sabuk digulung rapi 
macan :cil iki lak ulo
kancil :duduk can iki sabuke raja sing nguosoi kewan-kewan,sopo ae seng gawe sabuk iki bakal diwedeni kabeh kewan ing dunyo
macan : iku sabuke tak gawe yo cil
kancil :ojo
macan:lek gak oleh tak gawe, yo awakmu tak emplok loh
kancil :yo wes gak opo-opo
       macan banjur ndilati sabuk iku sakdurunge gawe sabuk iku 
macan:sabuk iki alus yoo
ular     :heeee ..., macan ngelamak wani-wani ne ngganggu turu ku

macan lan iku pun gelut seru lan suwi
 
kancil :hihhihihihihihihihihihihihiihi ,.... aku gak pengen ndelok sopo seng menang kalahe ,. Utawa urip matie luwih becik aku mlayu adoh adoh tekan nggon iki,
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Soal matematika : Himpunan

1. Penderita flu burung maupun muntaber yang dirawat di rumah sakit sebanyak 86 orang, 35 orang menderita flu burung, dan 15 orang menderita flu burung juga muntaber. Banyak penderita yang hanya menderita muntaber adalah . . .
a. 20 orang                    c.  50 orang
b.  36 orang                 d.  51 orang

2. Dalam sebuah kelas terdapat 20 siswa gemar kimia, 15 siswa gemar fisika, 8 siswa gemar keduanya. Banyak siswa dalam kelas adalah . . . .
a. 23 siswa                             c. 27 siswa
b. 28 siswa                             d. 43 siswa


3.Dalam satu kelas, 25 orang di antaranya senang badminton, 35 orang senang volli, dan 15 orang senang keduanya. Banyak siswa dalam kelas itu adalah . . ..
a.  42 orang                          c.  45 orang
b.  60 orang                          d.  75 orang


4. Diketahui
K = {bilangan prima antara 2 dan 12}
L = {4 bilangan kelipatan 3 yang pertama}
Irisan (intersection) himpunan K dan himpunan L adalah.....
a. {3,5,6,7,9,11,12}
b. {5,6,7,9,11,12}
c. {3,6,9}
d. {3}

5. Diberikan P = {1,2,3,9,12,13},
himpunan kelipatan 3 yang terdapat di P adalah....
a. {9}
b. {3,9}
c. {3,9,12}
d. {3,6,9,12}

6. Diberikan {15,4,7,6,2} n / intersection/irisan {2,4,6,8} = {4,X,6} maka X adalah....
a. 2
b. 4
c. 7
d. 8

7.J ika A = {0,1} maka n(A) = .......
a. 0
b. 1
c. 2
d. 3

8. Dari suatu kelas terdapat 25 siswa suka membaca, 30 siswa suka mengarang.jika 12 orang siswa suka membaca dan mengarang, banyak siswa dalam kelas tersebut adalah...
a. 67
b. 55
c. 43
d. 37

9. Jika himpunan B bagian dari himpunan A dengan n(A) = 25 dan n(B) = 17,
maka n himpunan gabungan A dan B adalah.....
a. 8
b. 11
c. 17
d. 25

10. Sebuah agen penjualan majalah dan koran ingin memiliki pelanggan sebanyak 75 orang.
banyak pelanggan yang ada saat ini sebagai berikut:
20 orang berlangganan majalah
35 orang berlangganan koran
5 orang berlangganan keduanya.
agar keinginanannya tercapai
banyak pelanggan yang harus di tambahkan adalah...
a. 10 orang
b. 15 orang
c. 25 orang
d. 70 orang

11. Dari 143 siswa, 95 siswa senang matematika 87 senang fisika dan 60 siswa senang keduanya.
Banyak siwa yang tidak senang matematika maupun fisika adalah....
a.21 orang
b. 27 orang
c. 35 orang
d. 122 orang

12. Jika K = {k,o,m,p,a,s} dan L = {m,a,s,u,k} maka himpunan gabungan K dan L adalah..
a. {p,o,s,u,k,m,a}
b. {m,a,s,b,u,k}
c. {p,a,k,u,m,is}
d. {k,a,m,p,u,s}

13. Diberikan dua buah multiset berikut
A = {1,1,1,1,1,2,2,3,3,3,3,4,4}
B = {1,1,2,2,2,4,4,4}
tentukan Selisih (difference) dari himpunan A dengan himpunan B
a. {1,1,2,2,4,4}
b. {1,1,1,1,1,2,2,2,4,4,4 }
c. {1,1,1,3,3,3,3}
d. {1,1,1,1,1,1,1,2,2,2,2,2,3,3,3,4,4,4,4,4}

14. Jika A = {a,b,c} dan B = {a,b,c,d,e}, maka pernyataan yang salah adalah
a. A n B {a, b ,c}                 c. n(A) = 4
b. A U b {a,b,c,d,e}          d.  B - A = {d,e}


15. Manakah diantara himpunan berikut yang merupakan himpunan berhingga?
a. S = {0,1,2,3,...}
b. P = {1,2,3, ... ,110}
c. Q = { ...,-3,-2,-1,0}
d. R = {...,-3,-2,-1,0,1,...}




Kunci  Jawaban

1.       D                             11. A                     
2.       C                             12.A                      
3.       C                             13.C                       
4.       D                             1 4. C
5.       C                             15. D
6.       A                            
7.       C                            
8.       C                           
9.       D                           

             




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Tugas Ppkn :Soal-soal Latihan

NAMA ANGGOTA :
Evita Syari Ifayanti  (08)
Faizah Putri R.  (09)
Galuh Dyah Pitaloka H. (10)
Rachelia Tasya S. (22)
Raissa Antyanta P. (23)
Salsabilla Faradea (24)
Virgo Indriani Kusuma (29)

Soal Ppkn
1.      Siapakah yang memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa…
a.      Warga                              c.     Presiden 
b.      Siswa                                d.     Gubernur
2.      Sila keberapa kah yang menegaskan tekad bangsa Indonesia dalam mewujudkan persatuan?
a.      1                                        c.   3
b.      2                                        d.   4
3.      Apabila tidak ada lagi rasa persatuan dalam keluarga, maka yang akan terjadi adalah…
a.      Permusuhan dan kedamaian
b.      Pertengkaran dan kedamaian
c.       Perpecahan dan ketentraman
d.      Kedamain dan ketentraman
4.      Bagaimana contoh sikap penerapan prinsip “Bhinneka Tunggal Ika” dalam kehidupan sehari-hari…
1.       Mengindari SARA
2.       Menghormati perbedaan
3.       Hanya berteman dengan teman seagama
4.       Menganggap persatuan tidak penting
a.       1,2
b.       2,3
c.        3,4
d.       1,4
5.      Berapa tahun yang lalu dilaksanakan sumpah pemuda dan tanggal berapa dilaksanakannya…
a.   56 tahun  yang lalu tanggal 28 oktober 1928
b.   76 tahun yang lalu tanggal 28 oktober 1928
c.    98 tahun yang lalu tanggal 28 oktober 1928
d.   84 tahun yang lalu tanggal 28 oktober 1928
6.      Kapan Sumpah Pemuda dicetuskan…
a.      28 Oktober 1928
b.      28 November 1918
c.       28 Oktober 1938
d.      28 desember 1920



7.      Bentuk dari bangga terhadap bangsa dan Negara dwujudkan dengan sikap…
a.   Tidak menggunakan produk negeri
b.   Mengolok-olok satu sama lain
c.    Acuh tak acuh
d.   Menggunakan produk dalam negeri
8.      Berikut ini adalah pengamalan sikap persatuan dan kesatuan diwujudkan dalam bentuk perilaku kecuali…
a.   Meningkatkan semangat bhineka tunggal ika
b.   Mengembangkan semangat kekeluargaan
c.   Tidak mau berteman dengan teman yang beragama beda
d.   Menghindari Penonjolan SARA
9.      Karena hidup dalam Perbedaan kita tidak boleh melakukan perbuatan yang dapat menimbulkan perpecahan. Masalah masalah yang dapat menimbulkan perpecahan adalah…
a.   Egoisme, Gotong royong, dan Sukuisme
b.   Gotong royong, Peduli pada lingkungan, dan Musyawarah
c.       Egoisme, Ekstremisme dan Acuh tak acuh
Ekstremisme, Acuh tak acuh, dan Tidak pernah tidak peduli terhadap lingkungan       
10.  Seluruh warga Indonesia secara peraturan berhak dan wajib menempuh pendididkan sampai ke jenjang…
a.      TK
b.      SD/MI
c.       SMP/MTs
d.      SMA/SMK
11.  Siapakah pencipta lagu “Rayuan Pulau Kelapa”…
a.      R. Suharjo
b.      WR. Supratman
c.       Ibu Sud
d.      Ismail Marzuki
12.  1.  Prinsip Bhinneka Tunggal Ika
2.  Prinsip Politisme
3.  Prinsip Internasionalisme
4.  Prinsip Nasionalisme
5.  Prinsip Kebebasan bertanggung jawab
Manakah yang bukan termasuk prinsip yang berhubungan arti makna persatuan Indonesia…
a.      2,5
b.      2,3
c.       4,5
d.      3,4
13.  Berikut ini yang bukan merupakan nilai persatuan dan kesatuan adalah…
a.     Menjaga kerukunan
b.      Menjaga pertengkaran
c.       Menghormati satu sama lain
d.      Menjaga tali silaturahmi


                                                                            
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS