Adiwiyata, Adipura dan 7K

Adipura, Adiwiyata, dan Program 7K
Adipura
Adipura, adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Adipura diselenggarakan olehKementerian Negara Lingkungan Hidup. Program Adipura telah dilaksanakan setiap tahun sejak 1986, kemudian terhenti pada tahun 1998. Dalam lima tahun pertama, program Adipura difokuskan untuk mendorong kota-kota di Indonesia menjadi "Kota Bersih dan Teduh". Program Adipura kembali dicanangkan di Denpasar, Bali pada tanggal 5 Juni 2002, dan berlanjut hingga sekarang. Pengertian kota dalam penilaian Adipura bukanlah kota otonom, namun bisa juga bagian dari wilayah kabupaten yang memiliki karakteristik sebagai daerah perkotaan dengan batas-batas wilayah tertentuKota kita, yaitu Kota Batu pernah meraih piala Adipura sebanyak 4 kali berturut-turut (mulai tahun 1993-1996) untuk klasifikasi sedang.
Adiwiyata
Kata ADIWIYATA berasal dari 2 (dua) Kata “ADI” dan “WIYATA”. Adi memiliki makna: besar, agung, baik, ideal dan sempurna. Wiyata memiliki makna: tempat dimana seorang mendapat ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam berkehidupan sosial. Jika secara keseluruhan ADIWIYATA mempunyai pengertian atau makna: tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh secara ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita menuju keada cita-cita pembangunan berkelanjutan.Program Adiwiyata adalah : salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapakan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif.Tujuan Program Adiwiyata adalah : menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya penyelamatan lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia. Program Adiwiyata harus berdasarkan norma-norma Kebersamaan, Keterbukaan, Kejujuran, Keadilan, dan Kelestarian Fungsi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam.

Program 7K

Menciptakan kondisi belajar yang nyaman bagi siswa menjadikan tujuan dari setiap sekolah pada umumnya, karena dengan kondisi yang nyaman tersebut memudahkan siswa menerima ilmu pengetahuan dengan baik dan mendorong siswa untuk berkompetisi dan berprestasi. 7K ( Keamanan, Ketertiban, Kebersihan, Keindahan, Kekeluargaan, Kerindangan dan Kesehatan ). Program 7 Kini sebagai salah satu cara membentuk karakter dan kepribadian siswa apabila dapat diterapkan dengan baik, karena telah mencakup beberapa aspek yang mampu manciptakan siswa-siswa unggul dalam budi pekerti dan prestasi akademik. Dimulai dengan Keamanan ( Rasa aman merupakan landasan utama dalam menjalankan semua aktivitas terutama belajar, dengan adanya jaminan keamanan ini akan memperlancar proses kegiatan belajar mengajar dan bisa meminimalkan gangguan ).  Ketertiban ( Adanya ketertiban dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar akan berdampak potitif dalam keberhasilan siswa, dimana ketertiban akan membangun mental produktif teratur dan disiplin sehingga diharapkan siswa mampu mematuhi peraturan yang berlaku di sekolah). Kebersihan ( Menjaga kebersihan baik kebersihan diri sendiri, ruang kelas, lingkungan di sekitar sekolah sangatlah perlu dilakukan, dengan kebersihan ini diharapkan dapat menciptakan keindahan  dan mengurangi ketidaknyamanan dalam belajar mengajar). Keindahan ( Menciptakan lingkungan belajar yang indah dan menarik akan mampu meningkatkan rasa kecintaan kepada seni dan nyaman berada di sekolah seperti bagaimana kita menghias kelas, lingkungan sekolah serta tidak melakukan pencorat-coretan dinding, bangku dll) Kekeluargaan ( kekeluargaan yang dijalin selama kegiatan belajar mengajar diharapkan mampu meningkatkan  rasa simpati dan empaty bagi semua pihak sehingga akan terbentuk rasa memiliki dan kecintaan kepada almamater). Kerindangan ( Penghijauan di lingkungan sekolah menjadi syarat utama mengurangi pemanasan global yang tengah mengancam bumi kita ini, sehingga sekecil kontribusi kita untuk mempertahankan bumi ini sangat diperlukan ) dan yang terakhir Kesehatan ( Menjaga kesehatan adalah kewajiban pokok bagi semua orang, karena dengan adanya kesehatan jaminan semua aktivitas kita bisa terlaksana dengan baik ). Dengan adanya sosialisasi terhadap program sekolah 7K ini diharapkan akam mampu membantu dalam pembentukan pribadi-pribadi yang unggul dan memiliki karakter yang kuat dari sekolah. Mari kita dukung program 7K  dengan saling mengingatkan dan memberikan contoh kepada siswa semua agar bisa menjalankan program ini untuk hal-hal yang lebih baik lagi di masa depan. Ayo kita Dukung dan Sukseskan 7 K.

Source:www.google.coM
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

1 Response to "Adiwiyata, Adipura dan 7K"

  1. Unknown says:
    18 July 2017 at 20:59

    Nggak bener nih

Post a Comment