Teks Pidato Tentang Bulan Bahasa

Galuh Dyah Pitaloka Hayyu
10/VIIG
Assalammualaikum. Wr. Wb. 
Yang terhormat Guru SMPN 01 Batu
Berserta teman-teman di SMPN 01 Batu yang saya banggakan.
                Puji serta syukur marilah kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Atas berkat rahmat dan hidayahnya kita masih diberikan sehat wal afiat sehingga dapat berkumpul dan berada di tempat yang mudah-mudahan dimuliakan oleh-Nya.  Terima kasih kepada  guru di SMPN 01 Batu dan teman teman yang menyempatkan hadir di tempat ini.
Bulan Bahasa merupakan bulan dimana setiap orang dapat mengekspresikan bakatnya terutama dalam bidang sastra yang bertujuan untuk lebih mencintai Budaya sendiri yaitu budaya Indonesia. Oktober ditetapkan sebagai bulan bahasa oleh Bapak Soeharto karena pada 28 Oktober 1928 para pendahulu bangsa kita menetapkan Sumpah Pemuda dengan bahasa, sebagai butir ketiganya. Meski semangat bulan bahasa ini hanya setahun sekali, namun itu mengandung makna negeri ini punya kepedulian terhadap budaya bangsa khususnya bahasa.sayangnya sekarang para anak muda, lebih sering menggunakan bahasa inggrisdan menggunakan bahasa Indonesia yang di tambah tambahi atau tepatnya bahasa gaul daripada bahasa Indonesia yang baik dan benar.Para anak muda jaman sekarang juga lebih suka belajar bahasa asing daripada belajar bahasa tradisional misal bahasa jawa.Memang belajar bahasa inggris juga sangat penting karena bahasa inggris adalah bahasa internasional tetapi jangan sampai hal itu menggeser posisi bahasa nasional kita yaitu bahasa Indonesia. Salah satu dasar pentingnya memperingati acara bulan bahasa yakni agar masyarakat mengetahui dan mengerti tentang budaya bangsa Indonesia dan bagi para pelajar khususnya di SMPN 01 Batu,mau untuk selalu melestarikan budaya bangsa terutama dalam penerapan berbahasa agar budaya kita akan selalu lestari dan menjadi lebih baik
Kegiatan-kegiatan yang diadakan dalam acara bulan bahasa terdiri dari beberapa kegiatan seperti, kegiatan yang diadakan sebagai ajang berkarya dan berekspresi, ada kegiatan yang diadakan sebagai ajang peningkatan kualitas berbahasa Indonesia, dan ada kegiatan yang diadakan sebagai ajang perlombaan. Namun di SMP 01 Batu ini semua kegiatan dalam Bulan Bahasa menjadi sebuah kegiatan yang diadakan sebagai ajang perlombaan yang dimaksudkan agar semua siswa lebih antusias dan semangat dalam memperingati bulan bahasa yang diadakan setahun sekaliserta bertujuan untuk acara “Refreshing UTS”. Dalam perlombaan bulan bahasa ini seperti biasa pihak Osis adalah panitia penyelenggara acara tersebut yang juga didukung oleh semua guru dan siswa-siswi. Kegiatan-kegiatan yang diperlombakan yakni lomba mading, lomba menulis cerpen atau membaca puisi, kegiatan-kegiatan tersebut biasanya diadakan selama 2 hari.
Jadi untuk memperingati acara bulan bahasa yang diadakan satahun sekali ini terutama bagi para siswa-siswi marilah kita meriahkan acara tersebut dan ikut berpartisipasi dalam setiap lomba yang diselenggarakan agar budaya dan bahasa kita akan tetap terjaga dan semangat nasionalisme terus kita genggam bersama.
Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi semua yang mendengarnya, kurang lebihnya saya mohon maaf.
Waalaikumsalam Wr.Wb


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

1 Response to "Teks Pidato Tentang Bulan Bahasa"

  1. Ade Anisa Icha says:
    2 November 2022 at 14:47

    nice, very helpful tengkyu sistahh

Post a Comment