TEKS TANTANGAN : KERJA KELOMPOK



     Mahasiswa abadi adalah sebutan bagi mahasiswa yang membutuhkan waktu lama untuk lulus dan lebih dari 4 tahun. Banyak sekali alasan yang disampaikan dan dianggap oleh masyarakat sebagai alasan banyaknya jumlah mahasiswa abadi di Indonesia. Salah satunya adalah alasan bahwa mereka banyak mengikuti organisasi, perkumpulan, atau aktifitas kampus yang sangat banyak. Mirisnya, masyarakat menganggap hal ini wajar. Mereka menganggap Mahasiswa melakukan banyak aktifitas kampus, aktifitas organisasi, dan pekerjaan sampingan. Mereka menganggap hal ini dilakukan untuk kebaikan mereka sendiri padahal seharusnya mereka sebagai mahasiswa harus bisa mengatur waktu untuk kuliah dan untuk melakukan tugas sampingan.
Alasan sibuk dengan organisasi kampus merupakan alasan yang kurang tepat untuk dicetuskan. Hal ini disebabkan karena menjadi seorang mahasiswa harus sudah bisa membagi waktu. Baik untuk mengerjakan tugas kuliah, kegiatan organisasi, dan untuk urusan yang lainnya. Ketika mahasiswa bisa mengatur waktunya dengan baik, mahasiswa tersebut tidak akan menjadi mahasiswa abadi. Maka dari itu alasan sibuk dengan organisasi kampus tidak bisa dijadikan alasan menjadi mahasiswa abadi.  Faktor yang lain adalah pengaruh masalah percintaan yang sebagaian besar pasti dialami para mahasiswa. Cinta pada masa kuliah sendiri bisa menjadi penyemangat dan bisa menjadi bumerang pada prestasi. Maka dari itu mahasiswa harus fokus mengatur diri sendiri dan  fokus pada tujuan dan cita-cita masing-masing. Pada kenyataannya akibat dari masalah cinta, banyak mahasiswa yang mengesampingkan urusan kuliah mereka. Sehingga banyak yang mendapatkan surat DO atau drop out dikarenakan nilai yang jelek saat kuliah dan kurang bersungguh-sungguh dalam perkuliahannya. Kemudian masalah yang paling banyak dihadapi mahasiswa adalah rasa malas. Rasa malas merupakan musuh yang sangat berbahaya dan sulit untuk ditanggulangi. Namun, bagaimana pun mahasiswa harus berusaha menghilangkan rasa malas tersebut. Faktor yang berikutnya adalah karena mahasiswa kurang bersungguh dalam proses perkuliahan, sehingga nilai mata kuliah yang dia dapatkan jauh dari kata memuaskan. Hingga akhirnya dia pun harus mengulang banyak mata kuliah.  
Banyak sekali alasan fenomena mahasiswa abadi yang terjadi di Indonesia dan tentu hal ini akan menimbulkan banyak sekali kerugian bagi dirinya dan pihak-pihak lain. Jika mereka lulus tepat waktu, mereka bisa merancang rencana untuk mencari pekerjaan yang akan dipilih atau bisa merancang bisnis yang akan dipilihnya. Namun, karena kelulusan yang telat, hal itu harus tertunda entah sampai kapan.
Menjadi mahasiswa abadi juga merugikan orang tua atau wali mereka. Karena semakin lama mahasiswa itu lulus akan banyak dana, tenaga, dan pikiran orang tua yang dicurahkan. Tidak hanya itu, pemerintah dan masyarakat juga ikut rugi, karena anggaran yang diperuntukkan kepada mahasiswa diperoleh dari hasil pembayaran pajak akan terus mengalir. Selain itu semakin banyak mahasiswa abadi, kesempatan siswa lulusan SMA dan sederajat untuk masuk ke perguruan tinggi yang diminati juga akan berkurang.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "TEKS TANTANGAN : KERJA KELOMPOK"

Post a Comment