Cerita Pendek "Petualangan si Kembar di Danau Tolire "

Galuh Dyah Pitaloka Hayyu
VIIG/10
(Sumber Cerita : Majalah Potret Negeriku)
Cerita Pendek “Petualangan si Kembar di Danau Tolire”

Orientasi
Si Kembar Randi dan Rano mirip sekali. Sama sama Berambut hitam lurus dengan paras yang santun dan manis. Bedanya Randi lebih r akus. Ibu mereka sudah meninggal, dan ayah mereka terlalu sibuk untuk memperhatikan mereka.
Pada suatu hari mereka pergi piknik ke tepi danau tolire, Halmahera bersama ayah mereka dan Pak Silu, seorang pemandu wisata. Randi langsung mengambil potongan mi skotel yang paling besar. Melihat ayah si kembar diam saja, Pak Silu tersenyum. Saya pung cerita untuk kau, kata Pak Silu. Ia pun menceritakan asal mula danau tolire dan buaya putih
Komplikasi
Tiba tiba si kembar melihat sekelebat buaya putih di belakang Pak Silu. Buaya putih itu menerjang maju sehingga keduanya jatuh ke dalam Danau Tolire. Dasar danau ternyata berupa pedesaan adat Halmahera, dan keduanya bisa bernafas di dalam air. Kemudian buaya putihn membawa Rano ke belakang semak semak. Randi mencarinya tetapi yang ia temukan hanya suatu ruangan dengan meja panjang yang penuh makanan lezat. Tiba tiba datang seorang putri yang berpakaian adat halmahera dan menawarinya makanan tersebut, pada walnya ia menolak akan tetapi lama kelamaan ia pun memakannya dan terus memakannya. Padahal makanan itu adalah makanan ajaib yang menyebabkan ia lupa segalanya dan harus tinggal di situ. 
Resolusi
Rano yang disihir agar tidak terlihat pun memohon pada putri itu agar Randi dilepaskan. Akhirnya sang putri merasa iba dan berjanji akan memberbaskan Randi asal ia ingat pada Rano. Rano pun mencoba memangggil manggil Randi. Akan tetapi ia tetap tidak mendengarnya. Rano pun menyerah dan akhirnya hampir kembali ke daratan sendiri, akan tetapi tiba tiba Randi menumpahkan jus, ia langsung teringat pada Rano yang selalu memarahinya apabila ia menyia nyiakan makanan. Akhirnya si kembar pun kembali ke atas bersama. Randi pun sudah sadar akan sifat buruknya dan memperbaikinya.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Cerita Pendek "Petualangan si Kembar di Danau Tolire ""

Post a Comment