Teks Eksposisi " Kupu Kupu dan Kembang Sepatu "

Galuh Dyah Pitaloka Hayyu
10/VIIG
 Tugas Bahasa Indonesia Membuat Teks Eksposisi. Kegiatan 3 Tugas 1 (Menyusun Teks Eksposisi)

“Kupu-Kupu & Kembang Sepatu”
  Kembang sepatu adalah tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dansubtropis. Bunga ini besar,tidak berbau dan bewarna merah akan tetapi tumbuhan ini sangat indah bunga ini juga memiliki nektar yang sangat manis oleh karena itu banyak kupu – kupu yang hinggap di bunga ini. Seperti kupu – kupu cantik yang bewarna hitam ini.
            Kembang sepatu dan kupu – kupu merupakan contoh simbiosis  mutualisme karena kupu – kupu dapat menghisap nektar pada kembang sepatu dan kembang sepatu dapat melakukan penyerbukan akibat ada nya kupu – kupu yang hinggap. Kupu – kupu dapat membantu kembang sepatu dalam penyerbukan karena saat hinggap di bunga ini kupu – kupu menjatuh kan serbuk sari ke kepala putik oleh karena itu terjadi lah penyerbukan. Kupu –kupu sangat berguna bagi bunga kembang sepatu ini karena jika tidak ada kupu – kupu bunga ini tidak akan dapat melakukan penyerbukan. Dan jika bunga kembang sepatu tidak ada maka kupu – kupu akan susah mencari nektar.Kupu-Kupu pada awalnya adalah seekor ulat. Ulat tersebut bermetamorfosis menjadi kupu kupu dengan tahapan ulat-kepompong-kupu kupu.
            Oleh karena itu kita harus melestarikan bunga dan kupu – kupu . Karena jika salah satu dari mereka punah keseimbangan alam akan terganggu, lagipula kita tidak akan bisa lagi menikmati keindahannya





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Teks Eksposisi " Kupu Kupu dan Kembang Sepatu ""

Post a Comment